TV PAMSWAKARSA

Deretan Komitmen Listyo Sigit jika Resmi Jadi Kapolri

27Views



Komjen Listyo Sigit Prabowo melakukan uji kelayakan calon Kapolri bersama DPR, Rabu (20/1/2021). Dalam uji kelayakan, Listyo menjelaskan sejumlah komitmen yang ingin dilakukan jika menjabat sebagai Kapolri. Di antaranya sebagai berikut:

1. Penegakan hukum harus bersifat adil
Listyo berjanji akan mengedepankan pendekatan yang humanis di kepolisian. Tak akan ada lagi penegakan hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Ia meminta Polri harus bersikap arif dalam menyelesaikan perkara di tengah masyarakat.

2. Polantas tak perlu menilang
Listyo juga akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik. Salah satunya sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) di bidang lalu lintas. Sistem elektronik ini bertujuan meminimalisasi penyimpangan penilangan anggota polantas.

3. Hidupkan Pam Swakarsa
Listyo juga berkomitmen akan menghidupkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa. Pam Swakarsa ini bertujuan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

4. Rekomendasi Komnas HAM
Listyo juga ingin menuntaskan kasus-kasus yang menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya terkait meninggalnya 6 anggota laskar FPI di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

5. Perangi terorisme dan narkoba
Listyo menyatakan dirinya tak akan menoleransi urusan terorisme dan tindak pidana narkotika. Ia juga berjanji akan menindak tegas jika ditemukan ada anggota Polri ikut terlibat dalam jaringan narkotika.

6. Kampanye virtual police libatkan influencer
Listyo akan menghadirkan polisi dunia maya atau virtual police. Polisi dunia maya berbeda dengan polisi siber atau cyber police yang bertugas melakukan penegakan hukum. Dalam kampanye tersebut, Listyo juga akan melibatkan influencer untuk memberikan edukasi.

Artikel terkait:
https://nasional.kompas.com/read/2021/01/21/07160421/komitmen-listyo-sigit-di-uji-kelayakan-calon-kapolri-polantas-tak-perlu

Penulis: Haryanti Puspa Sari
Penulis Naskah: Rizkia Shindy
Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya
Produser: Adisty Safitri

————————————————————–
Media sosial Kompas.com :
Facebook: https://www.facebook.com/KOMPAScom/
Instagram: https://www.instagram.com/kompascom/
Twitter: https://twitter.com/kompascom
LINE: https://line.me/ti/p/@kompas.com

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

1 Komentar

Tinggalkan Balasan