TV PAMSWAKARSA

Gandeng PAM Swakarsa dan Preman, Penjagaan Corona Aman? – AIMAN (Bag 3)

53Views



PAM SWAKARSA PREMAN, ADA APA?

Akan hadirnya Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (PAM Swakarsa) di tengah masyarakat saat pandemi covid 19 menjadi sorotan. Rencana hadir kambalinya PAM Swakarsa ini ditenggarai atas munculnya Perpol No.4/ 2020 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Idham Aziz pada Agustus lalu. Mulanya, PAM Swakarsa dihidupkan kembali untuk membantu menekan angka penyebaran covid 19 di tengah masyarakat. Namun tak hanya itu, di saat yang hampir bersamaan Polri juga menyatakan bahwa akan menggandeng pimpinan informal alias preman, yang bertujuan juga untuk mendisiplinkan warga yang tidak taat pada protokol kesehatan.

Lantas, pro dan kontra mencuat. Ingatan pun kembali ke tahun 1998, dimana PAM Swakarsa dibentuk dari kelompok masyarakat untuk membendung aksi mahasiswa. Berkali-kali, PAM Swakarsa terlibat bentrok hingga akhirnya menewaskan banyak korban jiwa dalam peristiwa Tragedi Semanggi 1 dan 2.

Namun Polri menyatakan PAM Swakarsa dalam Perpol No.4/ 2020 ini berbeda dari yang lama. Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono pun menyambangi Markas Besar Kepolisian RI dan menemui Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono. Apakah yang membedakan PAM Swakarsa dalam Peraturan Polisi ini?

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

29 Komentar

  • Mudah2an anggota2 pam swakarsa bukan dari orang fpi pa 212 kader hti…
    Buat tandingan…… lawan pendemo.
    2 x polisi bentuk pam swakarsa 1998.. 2020….
    Polisi takut lemparan batu bisa juga takut mati. gaji gede…

  • Ya ampu pak ,jauh sekali fikiran anda pak ,Satpam anda bilang angkatan ke 5 , disini seolah satpam it rendah ya pak , ga cocok pakai perpol 2020 ,.. Aiman ,tolong jangan adu domba dengan cara anda menyampaikan seolah ini masalah besar

  • Hay AIMAN jadilah Reporter PROFESIONAL & HARGAI PROFESI tanpa harus mengadu domba & memprovokasi masyarat yang hanya mau mendengar tanpa memahami.

    Lebih jelas dong lebih Detail harusnya yg lu maksud SATKAMLING = INFORMAL itu memang yg dibina masyarakat sipil yg dikatakan disegani di wilayah tersebut atau termasuk preman.

    Disini SATPAM = FORMAL itu tidak hanya dibina tetapi diberi pendidikan & memang diberi kewenangan terbatas diwilayah tugas tertentu dengan legalistas resmi dibuktikan KTA yang dikeluarkan POLDA diwilayah tersebut dan sudah jelas merupakan MITRA dari POLRI..

    Kalo lu HANYA BILANG PAMSWAKARYA tanpa tanda kutip, disini banyak masyarakat yang gampang mendengar tanpa memahami dan menganggap SATPAM termasuk dari bagian PREMAN

    lu mikir gak dari berita lu berapa banyak masyarakat makin memandang sebelah mata PROFESI SATPAM

    jgn yg yang lu LIAT SATPAM PASAR jelas mereka tidak mempunyai legalitas …
    Coba yg lu LIAT yang memang telah diberi legalitas macam SATPAM BANK, KANTOR-KANTOR, PERKEBUNAN, PABRIK yang memang mereka bekerja berdasarkan SOP.
    bila melanggar dr SOP itu hanya OKNUM.

    coba lu sekali-kali baca tu komen-komen dari netizen yg banyak membully PROFESI SATPAM yg berkaitan dengan perubahan seragam..

  • Jngan sama kan satpam dngan preman,, preman ya preman, satpam ya satpam…
    Gitu sja kok repot….
    Klu preman itu tugasnya mmbikin onar, klu satpam tugasnya sdh jlas, menjaga keamanan di tempat yg sdh di tentukan…
    Dri dlu satpam sllu di rendahkan drajatnya itu saya gk kaget, itu sdh mnjdi makananq sehari hari, skrng satpam mau di naikkan drajatnya sdikit saja dngn di awali perubahan gam satpam saja sdh bnyak yg ngebacot,, mngkannya u jdio satpam dlu man aiman, biar tau rasanya gmna rasanya jdi satpam itu…
    Klu satpam bisa berbuat benar pujian tidak ada, klu ada ksalahan sdikit saja satpam sllu di rendahkan, di caci, dll….pdahal satpam ini taruhannya nyawa, klu loe gk percaya ,silahkan jdi satpam….

  • Sangat berpotensi negatif buat masyarakat jika dilakukan seharusnya kan ini bagian dari tugasnya polisi buat menjaga keamanan dan buat apa lagi rekrut preman sangat bahaya bisa bisa nanti terjadi penyalahgunaan wewenang dan preman preman akan bermunculan lagi

  • PAM SWAKARSA.
    Buat mndukung PEMILU yg akan dtg buat menambah suara.
    🗣pertanyakan apa kami sama dgn ANS/PNS dgn KAPOLRI dn mmpunyai gaji pensiun krn km punya PANGKAT kl gk punya gaji pensiun apa mau di BODOHI DN PK POL..
    Hai org pintar and jenius🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨👍👍👍👍

  • Beda jauh :PS 98 Vs mahasiswa , PS 20 Vs Covid 19. PS 20 utk mengantisi pasi pelanggar Covid 19. Saya setuju dg Pam swakarsa 20,mudah2 an covid 19 cepat menghilang.🙏🇮🇩🙏

  • Masa.iya.corona.takut.pamswakarsa.kita.hindari.dengan…jaga.jarak…makan.sehat…diluar.rumah.pakai.masker.jaga.kebersihan..dan.hati.bersih

  • Nyatanya itu memang …..contoh .mau ke pasar naik motor Deket GK pakai helm atau masker …alasannya dekat ngapain pakai helm . ….bentar kok. ngapain pakai masker . Berati kepedulian.kesadaran blm merata.

  • Kejadian 98 jangan disamakan. Satpam di bntuk oleh mantan kapolri
    Almarhum Awaludin. Satpam bukan ormas, mereka menjaga di tmpat mereka ditugaskan dan mengemban fungsi kepolisian terbatas. Kalau mau tanya kenapa pam swakarsa tahun 98 itu tanya pemerintah knp mereka yg di jadikan tameng wkt itu. Khawatir boleh tapi jaman sudah maju, dan sejarah satpam di semua negara juga ada. Jadi jgn mengait-ngaitkan pam swakarsa tahun 98 dgn satpam Yg di bentuk oleh almrhum kapolri Awaludin

  • Kita jadi satpam harus ikut DIKLAT di POLDA, hingga dpt IJAZAH POLDA&KTA,kita diklat mengetahui tata cara menghadapi tamu, rampok/bela diri, tupoksi, karna kita satpam tugas utama mengamankan wilayah kerja&aset perusahaan,tidak terpikir sedikit pun berbuat kesalahan,di saat bertugas pun kita tidak boleh meninggal pos jaga jarak 50mtr walaupun niat kita kontrol area perusahaan, selama pos itu kosong

  • Ribet ruwet di bikn sndri.. Pd heboh, soal ganti seragam di permasalhkan, kl gitu gk ush pake sragam.
    Soal satpam menggunkan tongkat, borgol, sajam atau senpi itu sudh di atur uu, dan memang itu adlah salah satu atribut pelengkap satapm saat bertugas, tergantung lokasi tempt sapam bertugas dan tergntung sikonya..

    Sok sibuk sok ngeri ini lah itu lah, Spertinya pinter tp kok kya kebaliknya.. Bahas aja yg lebih genting tuh, koruptor narkoba.. Emang Aneh pada🙈🤭🤦‍♂
    Coba dah 1 minggu aja.. Satpam jngn ada yg masuk tugas di seluruh unsur, kayak gimna coba.. Pd sanggup gk ganti posisi satpam, yg jaga bang, yg kawal uang, yg di perkantoran dll, coba jngn ada stpam 1 slma minggu aja..
    Oyah satu lg.. Stpam pegang senpi pistol ataupun laras panjang krn sesuai lokasi dan situasi yg mereka jaga memang mengharuskan menggunakan alat² tsb,
    Coba misal jaga di bank yg posisinya rawan akan perampokn bersnjta api.. Terus stpam cuma pake tongkat, apalh jadinya.. Stpam.baru mau cabut tongkat udh di dor!!! duluan ama permpok. Itu contoh kecil, jdi jngn samakn profesi satpam dngn preman bhoss..

    Kenyang kan baca komntra sy

  • Satpam itu tugasnya jelas hanya mengamankan aset perusahaan dan mengamankan lingkungan di tempat kerjanya dan juga ada prinsip – prinsip penuntun Satpam yg jadi pedoman

Tinggalkan Balasan