NASIONAL

Kapolda Papua Buka Kegiatan Latihan Operasi Bina Kusuma Matoa-2021 Dalam Rangka Pencegahan Preman Dan Premanisme Secara Virtual

Kapolda Papua Buka Kegiatan Latihan Operasi Bina Kusuma Matoa-2021 Dalam Rangka Pencegahan Preman Dan Premanisme Secara Virtual
30Views


Jayapura – Bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, SIK membuka kegiatan Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa-2021 dalam rangka Pencegahan Preman dan Premanisme secara virtual, Rabu (10/03).

Kegiatan dihadiri oleh Karo Ops Polda Papua Kombes Pol. Jeremias Rontini, SIK, pejabat Utama Polda Papua.

Kapolda Papua dalam kesempatannya mengatakan, “Operasi Kepolisian dengan sandi Bina Kusuma Matoa-2021 merupakan Operasi Kepolisian tingkat daerah atau mandiri kewilayahan dimana sasarannya adalah menekan angka kriminalitas khususnya yang bersumber dari kejahatan jalanan / premanisme serta penyakit masyarakat, dimana pola penindakan cenderung lebih mengedepankan upaya Pre Emptif dan Preventif, karena itu satuan kerja serta satuan fungsi yang dikedepankan adalah Pembinaan Masyarakat, Intelkam, Propam, Humas dan TIK. ”

“Dengan dilaksanakannya Operasi Bina Kusuma Matoa Tahun 2021 ini, diharapkan dapat mengakibatkan jumlah angka kejahatan yang terjadi di Wilayah Hukum Polda Papua, sehingga dapat berdampak pada stabilitas kamtibmas terutama dimasa pandemi covid-19 yang melanda saat ini,” ucap Kapolda Papua.

Disamping itu, melalui kegiatan Operasi Bina Kusuma Matoa-2021 kita dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk secara aktif mencegah gangguan kamtibmas yang terjadi dilingkungan tempatnya. Dengan demikian, permasalahan sosial tidak akan berkembang dan menjadi suatu ancaman atau gangguan nyata.

Disisi lain dengan hadirnya anggota Polri di tengah-tengah masyarakat untuk mengetahui permasalahan yang timbul sehingga kita dapat memberikan suatu solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

“Saya tekankan pada pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Matoa-2021 agar anggota yang melaksanakan tugas dilapangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan pelaksanaan tugas Operasi ini, jangan menjadi suatu formalitas dan meningkatkan seremonial saja tetapi diharapkan dalam pelaksanaan tugas benar-benar dapat memberikan korban positif kepada masyarakat sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh warga masyarakat yang tinggal di Wilayah Hukum Polda Papua, ”tutup Kapolda Papua.

Kemudian Pedomani Jukrah yang ada serta kedepankan tindakan profesionalisme melalui pola preemtif dan preventif serta berlaku dan berperilaku sebagai anggota Polri yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, sehingga apa yang kita laksanakan benar-benar bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Serta bangun sinergitas dengan seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah timbulnya permasalahan sosial yang ada terpeliharanya kepercayaan masyarakat. Saya ucapkan selamat melaksanakan tugas dan terimakasih kepada seluruh peserta, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan