NASIONAL

Kapolres Kepulauan Tanimbar terlibat langsung dalam Giat Pengamanan aksi protes hasil penetapan Calon Kades Tanimbar

Kapolres Kepulauan Tanimbar terlibat langsung dalam Giat Pengamanan aksi protes hasil penetapan Calon Kades Tanimbar
22Views


Tribratanews.polresmtb.com – Polda Maluku, Polres Maluku Tenggara Barat, Senin 01 Februari 2021, pukul 10.30 wit, bertempat di Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah, S.I.K., dengan didampingi Kabag Ops Kompol Arnold Tiranda, dan Kasat Samapta, Iptu Simson Kormasela, S.H., bersama beberapa perwira Polres terlibat langsung memimpin personil dalam giat pengamanan terhadap aksi protes hasil penetapan Calon Kepala Desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Aksi protes yang dilaksanakan oleh masyarakat ini terdiri dari perwakilan Soa dari beberapa Desa yang melaksanakan Pilakdes tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar terhadap penetepan calon kepala Desa berdasarkan hasil uji kelayakan yang ditetapkan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar bebarapa waktu lalu.

Kapolres Kepulauan Tanimbar yang hadir dan terlibat langsung dalam kegiatan pengamanan aksi dimaksud, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyampaian aspirasi melalui mekanisme yang baik dan damai sesuai yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta yang paling utama yaitu tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Kapolres juga menyampaikan bahwa beliau sangat menghargai aspirasi yang disampaikan oleh peserta aksi dan menjelaskan bahwa kehadiran Polri bukan untuk turut campur, namun dalam rangka memberikan pengamanan demi memastikan situasi Kamtibmas tetap aman kondusif.

Sementara terkait maksud tuntutan yang disampaikan peserta aksi, Kapolres Kepulauan Tanimbar juga menyampaikan bahwa telah memberikan warning kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Tanimbar agar dalam proses uji kelayakan, dilaksanakan secara transparan guna menyampaikan sebab dan akibat tidak lulusnya bakal calon kepada desa.

Dari Pihak DPRD sendiri melalui Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar Jaflaun Batlayeri, S.H., setelah menerima peserta aksi di kantor DPRD langsung menggelar rapat paripurna bersama anggota DPRD guna membahas tuntutan masyarakat tersebut. Setelah diperoleh beberapa kesepakatan melalui rapat paripurna, DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan meminta kepada Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk menindak lanjuti hasil keputusan dimaksud.

Kegiatan pengamanan berlangsung aman dan lancar.

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan