NASIONAL

Kunjungi Warga Mulia Kencana, Polres Mimika Siap Turunkan Ilmu ke Petani Dan Peternak

Kunjungi Warga Mulia Kencana, Polres Mimika Siap Turunkan Ilmu ke Petani Dan Peternak
21Views


Timika – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata,SIK mengunjungi warga Kampung Mulia Kencana, Distrik Iwaka, Mimika yang berjumlah 50 warga. Dalam kunjungan itu, Kapolres menyempatkan diri melihat lahan pertanian, perikanan, hingga peternakan milik warga kampung Mulya SP7 Distrik Iwaka. Kamis. (o4/03/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Waka Polres Kompol Sarraju,SH, Kasat Intelkam AKP Sudirman, Kasat Reskrim AKP Hermanto, Plt.Kabag Ops AKP Ahmad Dahlan,SE, Kapolsek Kuala Kencana Iptu Sera, Sekretaris Kampung Mulia Kencana, Ali Subhan bersama Bidang Pemberdayaan Ekonomi KNPI Mimika, Marinus Dogomo serta personel Binmas Noken Polri.

Dalam tatap muka itu, Kapolres menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya. Di mana, pihak Kepolisian mempunyai program Binmas Noken Polri yang salah satu tugasnya adalah membantu masyarakat dalam ketahanan pangan.

“Karena dengan ketahanan pangan, kesejahteraan yang meningkat, tentunya akan bersinambungan dengan masalah keamanan. Bahkan, Kepolisian juga akan membangun pos keamanan di wilayah itu agar warga dapat bersama-sama menjaga situasi keamanan bisa tetap kondusif, seperti layaknya pos-pos Peduli Keamanan (PeKa) yang sudah ada di wilayah kota Timika dan sekitarnya,” ujar Kapolres.

Kapolres menerangkan, nanti kita akan melakukan pembinaan terkait apa yang mereka butuhkan. Usai tatap muka, Kapolres bersama jajaran meninjau lokasi pertanian sawah yang dikelola oleh warga asli Papua. Selanjutnya meninjau kolam perikanan air tawar yang dibuat oleh warga.

Menurut Kapolres, yang dibutuhkan warga Mulia Kencana adalah pemahaman bagaimana caranya bercocok tanam. Begitu juga cara membuat pupuk tanpa harus mengandalkan pupuk pabrikan. Oleh karena itu, kata dia, terdapat anggota Polres Mimika yang paham soal itu. Sehingga nantinya, ilmu yang diketahui itu dapat diaharkan kepada warga baik itu dalam bercock tanam, bertani, beternak, hingga berkebun.

“Harapan kami dengan ilmu yang nanti rencana kami arahkan ke mereka, mereka mempunyai tingkat kesejahteraan yang lebih daripada sebelumnya. Karena dengan memahami ilmu tersebut mereka akan lebih efektif dalam bertani, lebih efektif dalam beternak, dan akan menjadi pioner juga dari masyarakat-masyarakat yang lainnya,” jelas Kapolres.

Kapolres mengaku sangat senang melihat keakraban warga petani dan peternak di Mulia Kencana, lantaran warga pendatang ikut membimbing warga asli dalam bertani dan beternak. Itu menjadi semangat kami juga untuk membantu rekan-rekan disini, sehingga bisa menjadi contoh, menjadi kampung yang tangguh dalam hal pangan di Kabupaten Mimika.

“Tanah di Kabupaten Mimika adalah tanah yang subur. Cuma apabila ditanam terus-terus, kesuburannya akan berkurang. Nah, tinggal ilmunya itu, ilmunya bagaimana mempertahankan tanah tetap subur, dan itu yang akan kita berikan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Mulia Kencana mengucapkan rasa terimakasihnya mewakili seluruh warga kampung kepada Kapolres dan jajarannya atas kunjungan ke Mulia Kencana. Ia berharap beberapa program yang disampaikan Kapolres untuk warga Mulia Kencana, kedepan agar dapat meningkatkan taraf hidup warga.

“Akan ada pendampingan terkait dengan ilmu-ilmu yang sebelumnya masyarakat Mulia Kencana belum dapatkan. Saya mewakili seluruh warga kampung Mulia Kencana mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini, dan kedepannya diharapkan agar berkelanjutan,” ungkap Sekretaris Kampung.

 

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan