TV PAMSWAKARSA

MAU JADI SATPAM PROFESIONAL DAN BERKUALITAS HARUS DI LATIH OLEH POLRI

30Views



TINGKATKAN KUALITAS SATPAM, GADA UTAMA ADAKAN PELATIHAN DENGAN POLRI

Investigasi Bhyangkara Indonesia, Jabar – Selama enam hari, sejak tanggal 30 September sampai dengan 5 Okober 2018, peserta Security Manager Training Gada Utama Angkatan ke-10 mengikuti serangkaian kegiatan guna membekali diri dalam tugas-tugas yang dihadapinya sebagai Satuan Pengamanan (Satpam). Tema yang diangkat adalah: Budayakan Keamanan untuk Keselamatan.

Dalam kesempatan itu, bertempat di Hotel Karang Setra Bandung, Wadir Ditbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Drs Ricky F Wakanno hadir memberikan pembekalan materi, yaitu: Negosiasi Polri, Manajemen Tanggap Darurat (Peran Polri dalam Menanggulangi Bencana), dan Resolusi Konflik Dalam Perusahaan.

Polisi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, tidak dapat bekerja sendiri . Menyadari hal itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia secara resmi membentuk lembaga Satuan Pengamanan pada 30 Desember 1980.

Satuan Pengamanan (Satpam) merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Keberadaan Satpam saat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat, bahkan komplek perumahan pun kini menyediakan jasa Satpam.

Mengingat tanggungjawabnya yang cukup berat, petugas Satpam perlu mendapat pembekalan dan wawasan di bidang keamanan. Guna meningkatkan profesionalisme Satpam, maka satpam perlu mendapatkan jenjang pelatihan yang benar dan terarah. Jenjang pelatihan bagi petugas Satuan Pengamanan atau Satpam (petugas security), dikenal dengan istilah Gada Pratama, Gada Madya atau Gada Utama.

“Satuan Pengamanan atau Satpam melaksanakan fungsi pengamanan di dalam suatu perusahaan, memelihara keamanan di dalam suatu perusahaan untuk terciptanya kesejahteraan , dan keamanan bagi perusahaan tersebut. Misi dari lembaga satuan pengamanan adalah melaksanakan tugas-tugas kepolisian secara terbatas seperti kegiatan patroli, kegiatan binmas, dan sebagainya. Terkait hubungannya dengan Polisi, yaitu berdasarkan Undang-Undang No 2 thn 2002, Pasal 13 bahwa Polri melakukan Kegiatan program dan kegiatan pam swakarsa. Siapa pam swakarsa ini? Ya, itulah satuan pengamanan,”  jelas Kombes Ricky F Wakanno kepada Investigasibhayangkara.com.

Ricky Wakanno,menuturkan, untuk pembina langsung Satpam ada di Polsek. Ada juga pembinaan sentuhan dari Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Tingkat Polres dibina oleh Kasat Binmas dan untuk tingkat Polda oleh Dirbimas Polda, tingkat Mabes ada di Korbimas. (Darwis Suhara)

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan