TV PAMSWAKARSA

NGASO MALAM KAMIS : "PAM SWAKARSA & Komponen Cadangan: Trauma & Ancaman"

29Views



“PAM SWAKARSA & Komponen Cadangan: Trauma & Ancaman”

Memasuki 2021, Negara mencanangkan dua program yang berkaitan dengan pelibatan warga dalam urusan keamanan dan pertahanan. Kepolisian atas nama pengaturan Satpam & Satkamling membuat aturan & aktivasi PAM SWAKARSA. Sedangkan TNI tengah menyiapkan ruang bernama Komponen Cadangan (KomCad) yg berisikan warga, sumber daya alam dan sumber daya buatan (?) yg sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan dalam keadaan perang. Wacana aktivasi PAM SWAKARSA muncul dalam proses uji kelayakan & kepatutan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit di DPR RI. Sedangkan tata teknis mengenai KomCad sudah dibuat dalam PP 3/2021 yg dikeluarkan Pemerintah.

PAM SWAKARSA memiliki memori sejarah yg begitu kelam bagi banyak kalangan terutama para keluarga korban pelanggaran HAM berat di Tragedi Semanggi 1. Meski juga dicontohkan sebagai SATKAMLING di UU POLRI 28/1997, dalam praktiknya PAM SWAKARSA menjelma menjadi kelompok paramiliter yg dipersiapkan Negara untuk menghalau aksi massa di momen Sidang Istimewa MPR pada November 1998. Pengungkapan kebenaran hingga pemenuhan rasa keadilan bagi para korban yg belum ditunaikan Negara seharusnya menjadi pertimbangan besar bagi Negara untuk tidak mengulangi kesalahan yg sama.

Senada dengan program KomCad yg identik dengan militerisasi sebab menjadi ancaman bagi keberlangsungan HAM & demokrasi. Padahal bangsa kita sudah melalui fase buruknya tatanan kehidupan sebab Orde Baru serta unsur-unsur sipil dan militer yg terdifusi. Agenda reformasi yakni penghapusan Dwi Fungsi ABRI seolah menuju kemunduran kembali.

Apa saja yg bisa kita kritisi dari dua program Negara di Orde Jokowi ini?
Mari membahasnya bersama:
Gustika Jusuf (Imparsial)
Danu Pratama Aulia (KontraS)

Hidup Korban!
Jangan Diam!
LAWAN!!!

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

Tinggalkan Balasan