TV PAMSWAKARSA

PAM Swakarsa dan Politik Keamanan Negara

30Views



November tahun 1998, pasca terpilihnya presiden BJ Habibie, PAM (Pasukan Pengamanan Masyarakat) Swakarsa, yang notabene merupakan kelompok sipil yang pro-pemerintahan, menghalau massa mahasiswa dan kelompok pro-reformasi yang berdemo menolak Sidang Istimewa MPR tanggal 10-13 November 1998. Peristiwa itu mengingatkan bagaimana masyarakat sipil dikerahkan untuk melawan masyarakat sipil. Kala itu, beberapa tokoh reformasi menolak dengan keras eksistensi Pam Swakarsa. Dalam Deklarasi Ciganjur mereka mendesak agar PAM-Swakarsa yang mengahalangi massa pro-reformasi untuk segera membubarkan diri.

Agustus 2020, PAM-Swakarsa yang telah mati suri puluhan tahun itu dibangkitkan kembali melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) Swakarsa. Peraturan yang ditanda tangani oleh Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020 itu dikhawatirkan justru akan mengembalikan budaya kekerasan dan melegitimasi organisai-organisasi intoleran untuk bertindak semena-mena. Terlebih aturan yang muncul di tengah Covid-19 ini seakan menunjukan kegagalan Polri dalam mengevaluasi anggota dan kinerjanya karena tidak mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya di masyarakat.

Polemik tersebut tentu perlu kita kritisi dan pertanyakan, bagaimana sejarah digunakannya masyarakat sipil untuk tugas pengamanan di Indonesia? Apa latar belakang dibentuknya PAM-Swakarsa? Kondisi struktural apa yang mendorong terbitnya peraturan tentang PAM-Swakarsa ini? lantas, apa yang sebenarnya dapat dilakukan institusi Polri selain menggunakan PAM Swakarsa? Dan apa implikasi PAM-Swakarsa ini bagi demokrasi di Indonesia?

Pertanyan-pertanyaan tersebut akan didiskusikan dalam diskusi MAP Corner-Klub MKP UGM, dengan tema “PAM-Swakarsa dan Politik Keamanan Negara”. Diskusi ini akan berlangsung pada Selasa, 22 September 2020, pukul 15.00 WIB-selesai melalui Zoom Meeting dengan pemantik:
1. Made Supriatma (Peneliti di ISEAS Singapura)
2. Kirana Anjani (Peneliti di Lokataru Foundation)

Diskusi terbuka untuk UMUM dan untuk mendaftar diskusi, silahkan klik link pendaftaran berikut ini bit.ly/DiskusiMAP2
__
Diskusi Pahami Aksi
Website: https:/mapcorner.wg.ugm.ac.id/
Email: mapcornerklubmkp.fisipol@ugm.ac.id
Facebook: MAPCorner-KlubMKP
Instagram: mapcornerklubmkp
Twitter: @mapcornerugm
Youtube: MAP Corner
Line: @kbw7372v

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

1 Komentar

Tinggalkan Balasan