TV PAMSWAKARSA

Pelatihan Linmas Hansip Siap Siaga tanggap darurat SAR Bela Negara dan PBB

23Views



Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman , ketertiban masyarakat, dan kegiatan sosial kemasyarakatan.
Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.
Merunut kepada kenyataan tersebut maka perlu di gali kembali tentang istilah dan pengertian dari Perlindungan Masyarakat dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) itu sendiri.
Maka dengan ini Pemerintah desa seling kecamatan karangsambung kabupaten kebumen menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan linmas yang di narasumberi dari DANRAMIL kecamatan karangsambung Kabupaten Kebumen dengan materi :
– Kelinmasan;
– Simulasi peningkatan peran kesiapsiagaan Satlinmas dalam tanggap
darurat;
– Bela Negara;
– SAR dalam penanggulangan bencana alam;
– Simulasi PAM Swakarsa;
– PBB dan tata cara apel;

Dengan adanya pelatihan linmas ini di harapkan linmas dapat melaksanakan tugas kegiatan nya yaitu untuk perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa / kelurahan.
FUNGSI yang lain yaitu :
1. Membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat.
2. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.
3. Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.
4. Perbantuan kepada Pemerintah Daerah, Kepolsian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum.
5. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan Negara.
6. Perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa / Kelurahan.

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

1 Komentar

  • Untuk pemerintah tolong untuk LINMAS di kasih kesejahteraan setiap bulannya , LINMAS juga membantu keamanan BABINSA dari KORAMIL dan POLSEK

Tinggalkan Balasan