TV PAMSWAKARSA

Polri: Tidak Ada "Angkatan Kelima" – AIMAN (Bag 5)

94Views



PAM SWAKARSA PREMAN, ADA APA?

Akan hadirnya Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (PAM Swakarsa) di tengah masyarakat saat pandemi covid 19 menjadi sorotan. Rencana hadir kambalinya PAM Swakarsa ini ditenggarai atas munculnya Perpol No.4/ 2020 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Idham Aziz pada Agustus lalu. Mulanya, PAM Swakarsa dihidupkan kembali untuk membantu menekan angka penyebaran covid 19 di tengah masyarakat. Namun tak hanya itu, di saat yang hampir bersamaan Polri juga menyatakan bahwa akan menggandeng pimpinan informal alias preman, yang bertujuan juga untuk mendisiplinkan warga yang tidak taat pada protokol kesehatan.

Lantas, pro dan kontra mencuat. Ingatan pun kembali ke tahun 1998, dimana PAM Swakarsa dibentuk dari kelompok masyarakat untuk membendung aksi mahasiswa. Berkali-kali, PAM Swakarsa terlibat bentrok hingga akhirnya menewaskan banyak korban jiwa dalam peristiwa Tragedi Semanggi 1 dan 2.

Namun Polri menyatakan PAM Swakarsa dalam Perpol No.4/ 2020 ini berbeda dari yang lama. Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono pun menyambangi Markas Besar Kepolisian RI dan menemui Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono. Apakah yang membedakan PAM Swakarsa dalam Peraturan Polisi ini?

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

28 Komentar

  • Pikiran yang selalu busuk jelek .padahal polisi Indonesia sangat baik dan dibawah pimpinan bpk Idham Azis beliau sangat menghargai profesi satpam.kalau duku satpam selalu jadi hinaan difilm film .kepada Kapolri kami masyarakat sangat mendukung 👍dan sudah menghargai satpam

  • Bukan kah selama ini gam satpam memang mirip polisi apalgi di tambng atw sawit yg ruang lingkup kawasan areal kerja nya cukup luas di areal terpencil scara tidk langsung juga sdh membntu polisi ketika jumlh personil polri terbatas….

  • Udhlah, knp Satpam yg di maslahkan, mereka terdidik terlatih, dan yg mendidik bukan preman bunkan rampok, yg mendidik mereka adlah POLRI dan juga di Bantu TNI, jngn lg salahkan satpam, jngn lg iri pd satpam, apa yg kalian irikan, gajih mereka standar, kerja mereka pun totalitas tp sering kali di pandang sebelah mata..
    Tujuanya menggunkn gam mirip POLRI adalh untuk memberi gertakan halus kepd siapapun yg ingin berniat jahat di wilayah tigas satpam, tujuanya untuk meminimalisir kejhtan. Soal nanti arogan petantang petenteng itu urusan mudah, tinggal di proses secra hukum dan undng² yg berlaku.. Knp satpam.harus di waspadai.. Yg harus di curigai..
    Yg pantas di curigai adalah para calon KORUPTOR, dana paham² lainya yg menyimpang dari PANCASILA..

    Liatlah di luar negri hampir semua stapam gamnya mirip polisi, dan itu efektif.

    Sy anak Satpam, sy bangga walau bpk sy hanya satpam, pling tidk bpk sy sudh beehasil menjadikn sy lebih dari satpam🙏

  • Krnp kok yg perhit
    Ungkan dari gada
    Pratama aka masalah pangkat sedangkan yg mrngukuti pendidikan latram 1992 bahkan lebij senior. Toh dulu yg melatih juga polri bahkan jauh debelum ada gada pratama. Jadi mohon kebijakan bapak.

  • Kyknya Media kurang begitu tau Tentang satpam, Sehingga Menyebutkan Nama (pam swakarsa) yang paling di tonjolkan adalah satpam.
    Satpam sendiri sdh ada sejak 30 Desember 1980 di dirikan oleh Jendral Polisi Awaloedin djamin,untuk membantu kepolisian dengan memegang fungsi kepolisian secara terbatas.
    Ranahnya memang secara Swakarsa,tpi perlu di ketahui bahwa Satpam dengan Satkamling yg baru di Bentuk oleh Kapolri Jelas berbeda.
    Kalau Satpam Jelas Terstruktur,Dan teregistrasi di Kepolisian dan system perekrutan yang ketat.
    Beda dengan Satkamling dan pcalang,Mereka bisa di bentuk Sesuai keinginan masyarakat itu sendiri.
    Jadi yg di atur ini adalah baju satpam,dan juga Satpam ke depannya itu Bukan sembarang orang ingin masuk terus bisa jadi satpam. Tetapi akan di seleksi layaknya TNI polri yang di selenggarakan melalui BUJP.

  • Mau pakaian mirip polisi atau mirip tentara kalo dekat dengan yg kuasa insyallah baik,beda sama yg jauh dari yg kuasa mau pakek seragam apa aja tetep sombong ,mari kita saling jaga saling rukun satu sama lain jangan saling hina antar profesi

  • Perasaan Diklat SATPAM udah dari Sejak lama dah….jauh sebelum rencana seragam berganti warna.
    Apapun Warna Seragam Yang Terpenting Adalah JUJUR ! dan bertanggung jawab! Sesuai Materi Materi Diksar SATPAM.😀😀

Tinggalkan Balasan