SATUAN PENGAMAN

SATUAN PENGAMANAN SWAKARSA (SATPAM)

19Views



Satuan Pengamanan Swakarsa ( SATPAM)
Satuan pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Lembaga Satuan Pengamanan ( SATPAM ) secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980, (Jadi di tahun 2020 ini SATPAM akan berulang tahun yang ke 40 di tanggal 30 Desember nanti/2 minggu lagi setelah video ini di upload)

Sebelumnya calon SATPAM diberi pendidikan dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam, dengan materi pelatihan diantaranya Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan disamping pemahaman tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri dll nya.

Satpam menyediakan layanan keamanan profesional untuk gedung-gedung, kantor publik, infrastruktur publik dan tempat-tempat bisnis. Mereka dapat dibentuk oleh Pemerintah atau Organisasi Swasta tetapi harus disahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Polri ).

Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Satpam berperan sebagai:
– Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja.
– Unsur Pembantu Polri di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan di lingkungan kerjanya.

Didalam tugasnya, petugas Satpam juga dituntut memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya yaitu untuk memiliki kemampuan fisik yang prima, pribadi yang disiplin, tegas namun sopan, bijaksana, dan tanggap untuk kejadian yang terjadi di wilayah keamanannya yang menjadi tanggung jawab petugas satpam tersebut untuk menangani semaksimal mungkin, namun bila sudah diluar batas kemampuannya, maka harus langsung menghubungi Polisi.
Berikut ini sebagian aktivitas SATPAM yang bertugas di Gedung DPRD Kab. Garut.
Selamat berulang tahun SATPAM yang ke 40 di tahun 2020.

#SATPAM#DPRD#Security

Sumber Berita

redaksi
the authorredaksi

20 Komentar

Tinggalkan Balasan